Review Knalpot Prospeed Black Carbon – Ninja 250FI

Selamat malam ….

Beberapa waktu lalu performa Bianka (Ninja saya) saat dipersenjatai knalpot Prospeed (Blue dan Black Carbon) ditest menggunakan Dynojet SBS team oleh Otomotifnet dan Prospeed.

20130414-070800 PM.jpg

Hasil Dynojet test sdh cukup jelas:
1. Blue series lebih tinggi torsi dan horsepowernya dibandingkan Black Carbon.
2. Keduanya mengalami kenaikan hampir 4 HP dibandingkan knalpot standard.
3. Blue pada grafik dominan di rentang RPM 4,000 hingga 7,000.
3. Black Carbon barulah dominan pada rentang RPM 7,000-11,000.

20130414-071059 PM.jpg

Cukup mengejutkan, mengingat harga black carbon sebenarnya lebih mahal 500 ribu ketimbang seri Blue. Dan saya menduga hasil test ini juga ikut menyebabkan team SBS melengkapi Nico dg Blue series saat IRS serie 1. Padahal saat itu risetnya dgn Black Carbon.

20130414-071347 PM.jpg

Tapi itu kan hasil test Dynojet, bagaimana dengan road testnya?
Setelah test, tanpa dinyana, Bianka dibawakan hadiah Slip-on Prospeed Carbon oleh Bro Bie Hau. Kesempatan Brooo utk menjajal performa jalanannya.

Sudah lebih dr satu bulan dan 1500 km saya mencoba merasakan dan memahami karakter Black Carbon ini. Baik untuk harian ngantor (60 km pp) maupun weekend ride (paling jauh nonton IRS di Sentul). Berikut observasi saya.

1. Rentang Tenaga atau Power Band

Saat menghela Bianka pulang dr Dynojet test menembus traffic jalan Haji Nawi – Pondok Indah, saya sempat kaget dan merasa sedikit kecewa. Black Carbon tidak seresponsif adiknya, Blue. Di putaran bawah dan menengah saya merasa Blue sedikit lebih berisi dan padat. Tidak sangat signifikan, tapi cukup terasa. Saya coba pd bbrp kondisi, bahkan dlm sehari sampai copot silencer dua kali hehehe. Tetap sama saja. Saat memasuki area yang memiliki lintasan panjang dan cukup aman utk RPM bermain di atas 7000 barulah terasa betul power yang mendesak keluar melalui black Carbon. Sangat mulus dan tanpa jeda tenaga bisa naik sampai ke batas redline RPM. Sangat mudah dan tanpa terasa. Tahu2 sudah tersendat terkena limiter.
Dengan knalpot standar untuk mencapai redline akan ada drop sedikit, seperti mengambil nafas dua kali jadinya.

Drop explained
Dari sini bisa disimpulkan, black carbon sebenarnya lebih cocok jika kita lebih sering bertengger di RPM atas seperti saat di race track ataupun touring.

2. Panjang Nafas

20130414-080115 PM.jpg

Saya mencoba di lintasan sisi utara Foresta BSD yang tidak memiliki persimpangan dan cukup sepi. Ingin mengetahu panjang nafas di setiap gigi hingga RPM tertahan di redline.

Gigi BLUE. BLACK CARBON Knalpot Standar
1 55 km/jam. 58 km/jam 45 km/jam
2 84 km/jam. 87 km/jam. 75 km/jam
3 116 km/jam 118 km/jam. 90 km/jam
4 131 km/jam 132 km/jam. 120 km/jam
5. N/A 157 km/jam 150 km/jam

*hasil knalpot standar, test oleh Kang Taufik, beliau lebih ringan 30kg dibanding saya.

Mencapai redline mulus sekali dan nafasnya lebih panjang.

3. Tampilan dan suara

Black Carbon ini lebih rapi finishingnya. Bracket utk dudukan sudah dilas rapi pada badan silencer. Berbeda dengan blue yang harus menggunakan gelang brakect.
Untuk suara, anak saya Regis dan tetangga depan rumah (yang ikut “dipaksa” mendengarkan suara knalpot setiap pagi 🙂 )merasa Black Carbon lebih bulat dan ngebas suaranya.
Saat revving up menjelang redline, Black Carbon juga warna suaranya tetap konsisten. Sementara Blue ada kecenderungan berubah dan jadi agak pecah.

Jadi mana yang saya pilih?

Dua2nya. Untuk Harian, saya akan pakai Blue yang lebih cocok utk stop and go

20130414-075811 PM.jpg

Sementara utk weekend ride atau touring saya lebih memilih Black Carbon. Toh bongkar pasang silencer hanya butuh tang, kunci 14 dan 5 menit waktu.

20130414-081414 PM.jpg

ARTIKEL TERKAIT:

Review Knalpot Prospeed Blue series

Dynojet Test Knalpot Prospeed – Blue versus Black Carbon

75 thoughts on “Review Knalpot Prospeed Black Carbon – Ninja 250FI

  1. Harus rubah mapping ECU lagi gak sih Mas? Soalnya sepupu pas servis rutin nanya ke mekanik beres, katanya harus ubah settingan lagi. Dia bilang kalo mau enak, beli paketan dari dia aja tapi 12jt. Parah kan! 😀

    • Yang Blue januari lalu sempat cabut kabel aki dan reset ECU. tapi keduanya blas ga pakai piggy back atau auto tunes. Reset ECU kan sudah sekalian service gratis.
      Wahh orang benkelnya jualan itu. Drpd 12 jt, mending belikan nassert sekalian.

    • Itu set ECU di Beres atau dimana Mas? Soalnya dia mau ganti knalpot juga, cuma takut orang Beres gak mau settingin.

      Iya sih itu yang 12jt sepupu lupa merknya apa? Feeling saya sih kalo gak Nassert beet ya Nojikawa, versi variasi resmi N250 karbu dulu 😀

    • Di beres kawasaki Fatmawati.
      Malah chief mekaniknha yg saranin langkah2 diatas kalau ganti knalpot. Selain itu sepupu Bro harus pastikan knalpot yang mau dibeli memang sudah hsil riset utk ninject. Bukan hanya menang bentuk dan suara saja, tp juga ada kenaikan di HP/torsi dan ga nembak.

    • Di area utaranya FOresta BSD Bro, seperti terlihat di gambar, jalurnya sepi dan tidak ada percabangan jalan. Kalau di jalan raya biasa mah ga berani.
      Iya.. ganteng ya

    • wah di BSD yah
      situ mah emang terkenal bgt kosongnya :mrgreen:
      guru ane malah pernah bawa shogun sp nya sampe 140 kpj, enak ya daerah situ, daerah ane mah ciputat kagak bakal bisa ngebut om leo, paling banter cepek :mrgreen:

  2. sel pagi pak leo!!! Sy make black carbon karna selalu mantengin blog pak leo.. Kalau menurut saya yang
    1. Lebih ganteng/ enak dipandang
    2. Napas lebih panjang..
    Dan yang bikin asik lagi tuh gak pake nembak2 waktu diajak dirpm mana aja, walau tanpa piggiback. Makasih udah ngasi referensi untuk snalpotnya ya pak leo,,, nulis terus ya pak leo, saya yakin blog pak leo bakalan jaya dan cetar membahana melebihi syahroni

    • Selamat pagi Bro…
      Kalau black di saya kadang nembak apalagi kalau main buka tutup gas scr kasar.
      Terima kasih Bro masukan dan harapan baiknya. Semoga selalu berguna.

  3. ane lagi galau jg ne om milih kedua knalpot prospeed
    mw yg black carbon apa yg blue
    btw menurut om leo lebih recommended yg mana tuh om
    trus mw nanya lg ne apa pasang knalpot mesti reset ecu apa gak
    cz mekanik di beres karawang boro2 mw reset ecu om orang servis aja ane minta check pake KDS aja kagak mw
    tlg dibales
    thanx

    • Tergantung kebutuhan Bro. Kalau untuk harian akan lebih enak pakai yang Blue.
      Kalau buat weekend atau race day pakai yg black.
      Saya kemarin sekalian service sih reset ECU nya. Setahu saya engga semua Beres Kawasaki diperlengkapi dg KDS. saya di beres fatmawati lumayan ya pelayanannya.

    • saya c buat harian bro sehari pp kerjaan 50 km
      tapi setiap bulan sekali pulang kampung pp karawang_wonosobo 1100km
      sebenere c pgn yg blue tapi galau jg y
      lw swara n tampilannya kalah mantep ama yg carbon

  4. bro leo, yang merah bentuk pasta waktu ganti knalpot itu apa? beli dimana dan harga berapa?

    btw kalo mau rest ECU cukup lepas kabel aki ya? berapa lama? tempat ane ga ada dealer yang bisa reset ECU soalnya..

    thanks

    • Itu namanya sealant Bro, bahannya dari silicone. harganya 8000 rupiah, nyarinya di bengkel motor yg agak lengkap.
      Sebaiknya begitu, dilepas kira2 5-10 menit. Lalu nanti dicheck lagi pakai KDS. tinggal di daerah mana Bro?

  5. om leo.. dah di tes konsumsi bensinnya..??? irit mana blue ama standartnya… oya skalian tny om,emang mesin ninjafi klo baru klepnya diasang renggangkah.. soalnya dininjaq timbul suara klep yg cukup nyaring..

    • Black cenderung lebih boros kalau dipakai harian menurut saya. ini juga karena saya jadinya lebih sering ‘nyari’ di putaran RPM atas ya,

  6. SALAM KENAL BRO…ane dah pake yg Blue prospeed,,klo menurut saya suara yg Blue adem bullett (pake DB killer),,gk berisik klo lewat gank2 sempit..klo lepas DB killer suara pasti lebih keras tp masih merdu juga..secara power pake & lepas DB killer gk terlalu beda krasanya..makanya ane pake DB killer trus..cuma minusnya,agak susah bongkar pasang DB killernya mesti lepas silincer trus diketok2 dr dalem,soale rapet/presisi bgt ma lubang knalpot..
    Klo soal nembak sih masih nembak tp jarang seringnya pas putaran atas..trus ane ganti filter udara pake ferrox gejala nembak2 nya jauh berkurang & tarikannya lebih enteng..lebih plongg..
    Intinya ane puas pake Prospeed..harga gk terlalu mahal power,torssi,suara & penampilan dapet..cukup nyaman buat harian stop&go..nafas lebih panjang..
    sekian review dr saya bro..semoga bisa jd masukan yg mo beli prospeed..

  7. Om leo..
    yang benernya gimana ya?
    yang enak buat dalam kota, aksel bawah n tengah enak (Stop n Go) yang Blue/Carbon?
    Soalnya di website Prospeed justru yang Carbon yang untuk Stop n Go..
    Abis baca artikel di atas..

    Berarti Ninja 250 FI itu karakternya Napas putaran di bawah dan tengah cepet abis (sering ganti gigi).. nah ane pengen ganti knalpot yang Napas di atasnya nambah panjang biar atas bawah dapet..

    pertanyaan tambahan :
    Kalo kita ganti Air Filter yg lebih Plong.. ‘sebut saja merk ‘bunga”
    nah itu pengaruhnya di putaran atas atau bawah?

  8. Selamat siang .. met kenal bro Leo .. saya juga lagi antri mau pasang Pro speed .. sayang si bro Bie Hau masih jalan2 ke luar negri ..minggu depan baru balik..sempet bbm ke belio .. kalo pro speed bisa bikinin knalpot yg suaranya bisa mirip2 .. motor 4 silinder pasti lebih asik nunggangin ninja 250 fi he he ..
    Btw .. tks review antara blue and carbon..rencana sich mau ambil yg blue soale saya juga pake harian ..nich motor dari pamulang – epicentrum .. jalur neraka macetnya ha ha ha .. cumaannn .. tuch knalpot biru kayaknya kok gak matching ama warna motor saya .. saya ambil ninja 250fi abs yg merah+putin warnanya .. pasti tabrakan warnanya ama knalpot .. he he he ..
    saat ini .. yg udah kepasang di motor ane ( meski plat nomer blm keluar tapi dah kluyuran di jalanan – gak tahan nunggu 2 bulan platnya baru jadi ) kopling hidrolic ktc – lumayan gak bikin jari2 kiri kaku kena macet.. trus pasang gps tracking system .. biar gak bisa di gondol maling .. ha ha ha..
    and .. karena skrg hujan gak nentu – saya pasangin tas tabung buat nyimpen jas hujan – cantelin dibawah spakboard belakang.. praktis .. murah and gak ngerusak tampilan motor.
    target next week .. masang knalpot . frame slider ..
    kalo slipper clutch gimana bro ..ada komen atau saran ?

    salam,
    Wahyu – bbm 286EF29A

    • Salam kenal juga Bro Wahyu.
      Ke Taiwan kali tuh Bie Hau, dia ada proyek baru utk ninject.
      Semoga bisa lekas terpasang ya hehe.
      Pamulang – Epicentrum .. hadeuh mau lewat mana aja tetap kena. Kalau saya mbayangin ngambilnya dari sudirman – landmark baru ke kuningan.
      Merah putih ya hehe ya engga apa2 lah ditabrakin ke biru. Btw Bro, kalau sering pakai boncengan, sebaiknya sticker prospeed ditaruh di sisi atas, karena silencer atas birunya gampang pudar kegesek sepatu boncenger.

      slipper clutch pending dulu Bro, tunggu orang2 pake. Mendingan ganti ban dulu. Kekuatan Ninja ga keluar kalau pakai ban standard

  9. bro, buat Z250, apa knalpot prospeed yang bisa nimbulin power terbesar? bagaimana dengan scorpion? beberapa bengkel menawarkan itu? ada komparasinya mas? harga prospeed berapa ya mas? hehehehe

  10. bro leo,, salam kenal..
    saya seneng banget ni sm blog nya ngebantu banget
    sbulan lalu ninjafi abs yg ijo baru turun tp baru dipake jalan jauh baru kmaren.. saya ngrasa tiap gnti gigi kok bunyi banget yah (cetak cetok) kasar banget kdengeran ny jd gk enak.. mnurut bro2 apa emang kaya bgtu? sm ky si ninin2 yg lain?
    sebelum k bengkel, mau tau ni saran n pendapat dr bro2
    mohon saran n komen nya yah
    thankyu

  11. Kang Leo, Saya org bsd juga.. Baca penjelasannya saya jadi minat ama pro speed.. Bisa ketemuan ga buat mendengar langsung suara pro speed nya? Terimakasih banyak kang.. BB: 271fffa1

  12. Salam kenal yah. Wah saya hampir banyak samanya nih dgn bung Leopold, Ninja 250 FI Putih, Prospeed, berat badan 80an kg, sudah niat mau ngambil BT S20. 🙂

    • Saya tinggal di Duren Sawit bro. Just wta, kalau depan BT 90 n belakang S20 gimana ya ?.
      Saya senang baca blognya bung Leopold, keren banget !. 🙂

  13. Pingback: Top Speed R25 + Knalpot Prospeed di Setiap Gigi | 7Leopold7

  14. Sore bro kebetulan pas banget ni artikelnya, saya ada rencana mau pakai prospeed juga utk ninja fi saya, dan maaf kalo ga salah liat bro leo pakai yg slip on ya ? Nah pertanyaan saya adalah, mudah ga bro kalo hanya ingin pakai slip on apa harus ganti atau setting ini itu ? Dan memang lagi tertarik sama yang black series, trims bro ..

Leave a comment