Saya dikontak Bro Bie Hau, penggede Prospeed.
“Bang, mau ga Blue seriesnya di dynotest dibandingin dengan standard utk artikel otomotif”
“ayo”
setelah janjian waktu, akhirnya kami ketemuan dg om Binbin di Aerospeed, markasnya SBS racing team di Jl Haji Nawi, Jaksel. Dr otomotif hadir meliput Bro Opick dan Cameraman, sorry bro gw lupa namanya hehe.
Hari ini akan dibandingkan performa Ninja 250 FI saat menggunakan knalpot Blue series vs Black Carbon.
Test pertama Blueseries
Utk Blue tanpa DB killer, setelah pengambilan ke 7, didapat data
Blue (without DB Killer) = 29.34 HP, torsi 19.58Nm
Jika dibandingkan dengan performa knalpot standard
Standard=25.62 HP, torsi 16.87 Nm.
Naik 3.72 HP dan 2.71 Nm. Hanya dengan ganti knalpot tanpa ada piggy back, ganti injector/busi atau open filter. Saya ga akan membahas lebih lanjut karena itu porsinya otomotif.
Saat DB Killer dipasang hasilnya adalah
Blue (with DB Killer) = 29.05 HP, torsi 19.75Nm
Tenaga drop cukup signifikan 0.3 HP dibandingkan tanpa DB killer namun torsi sedikit naik.
Lalu bagaimana kalau dibandingkan dengan Black Carbon series?
CUKUP MENGAGETKAN!!
Black Carbon yang dibanderol lebih mahal dibandingkan Blue ternyata setelah bbrp kali ambil data hanya mampu mencatatkan hasil sebagai berikut:
Black Carbon (with DB Killer) = 29.05 HP, torsi 19.69Nm
Black Carbon (without DB Killer) = 28.80 HP, torsi 19.12 Nm
Padahal Black Carbon ini cukup disukai utk penggunaan race track.
hmm setelah kami pelajari lebih lanjut ternyata yg terjadi adalah begini
Nampak dr chart bahwa Blue lebih cocok digunakan untuk harian, dimana torsi dan HP lebih lekas tersedia di rentang 4ribu hingga 7rb. Tenaga lebih berisi sehingga tidak perlu lebih sering celetak celetuk pindah gigi saat berkendara di dalam kota.
Sebaliknya Black Carbon memang lebih dominan di range 7,500 hingga 10,500 RPM, rentang yang sangat penting untuk penggunaan race track dimana mesin memang dituntut untukselalu dipanteng berkintir lebih tinggi.
Itu bicara mengenai performa (torsi dan tenaga).
Bagaimana dengan Suara dan Tampilan?
Memang harus diakui Black Carbon tampil lebih cantik dan rapi ketimbang blue series.
Finishing sama2 rapi, namun bracket Black Carbon sudah menyatu dengan body muffler sehingga lebih elegan.
Untuk suara, Black Carbon juga lebih ngebass dan cocok ditelinga saya.
Saat akan pulang, Bro Bie Hau bilang “thanks ya bang, yg black carbon buat abang bawa aja”
What?! wah terima kasih banget Bro … very sweet!! entar saya review jalanan keduanya…
Gimana, lebih milih Blue atau Black Carbon?
-(ˆ▽ˆ)/ \(ˆ▽ˆ)/ \(ˆ▽ˆ)- dah G̶̲̅ãK̶̲̅ galau lg!!Blue aj ahh..♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p.. ♓é² :p
Udah ambil kan.
Om.. kalau mau beli online dmna ya
sya bingung carinya, karna takut replika juga
Wew… spechless …
Sabar mas, habis taruna nya jajan gantian Ninjanya hihhi
kerenn…..
yoiii …thanks Bro ..
Lumayan gan dapet knalpot gretong.. Xixixixi 😀
Alhamdulillah….hehehe
yang birunya mau dilego gak om? hahahaha kabar kabari kl mau dilegoo
http://harleysnote.wordpress.com/2013/03/21/mengatasi-knalpot-nembak-ninja-250-fi/
Wahh yg biru itu kesayangan saya Bro, lagian kalau barang pemberian orang engga boleh dijual. Menutup rezeki katanya
Hehe
huahaha sip om.. yang pasti setelah baca blog om leo, saya naksir jadinya sama yg biru.. hmn hmnn… nabung dulu daaah
kalau saya pilih black carbon
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/03/vacuum-of-power-motor-250cc-naked.html?m=1
Kentara DNA pembalapnya Bro Yudha ini.
Pak Leo saya mengundang anda untuk berdiskusi
di sini »
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/03/nasib-konsumen-motor-di-tangan-kita.html?m=1
Gan ,.. Kalau misalkkan salah satunya udah nggak dipake ane minat banget yaahh gan . Siapa tau mau djual 😀 pin bb saya 2A5688D6
Bro, mending ke Bie Hau langsung aja deh di 0816 197 6566.
Yang pemberian ini ga bakal saya jual, namanya pemberian.
Okee broo (y) 😀
om leo, klo running dyno di dynojet tarifnya brp? mau dyno cibiku..
sekalian setting piggy aja bro.. 😛 #racun
75rb Bro kalau dyno test
Wah ini nih yg bikin galauuuuu!!!!! Hahaha keren bgt sih om knalpotnya 😀
Hahaha bro, ayo jangan kelamaan galauu…
nyimak aja Pak leo… habis..kalau saya milih ,mau tak pasang di mana..?? 😳
http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/03/22/vario-125-iss-hanya-untuk-orang-kota/
Buat dijual lagi di Papua mas..hehe… Sdh bredar banyak ya ninja injection disana
di wilayah abepura dan kota saya baru nemuin 2 ekor,Pak.. 😀 warna ijo dan merah putih..
Nahh itu pangsa pasar mas…
lain kali si Bianka tes pake knalpot AHAU RACING ya Pak Leo???
Hehehehee
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/03/saat-ini-ninja-2tak-boros-hanya-mitos.html?m=1
walah kayak apa jadinya suaranya hehehe
jadi tambah juoooooooos
gandosss
Wah mantabb..
pribadi saya lebih suka yang blue deh mirip nasset beet
http://pangben.wordpress.com/2013/03/25/pengalaman-old-cbr-150-vs-new-vixion/
iya bro saya juga begitu.. torsinya keluarr…
Setujaaaa
bro..klo soal suara mana yg lebih adem & bulet yg carbon ato blue series|?
ada rencana pengen beli prospeed tp masih bingung pilih yg mana..mohon petunjuk..thanksss
Utk suara, mnrt gw lebih bulat yg carbon ya
Utk suara, mnrt gw lebih bulat yg carbon ya
pak leo nih kalau nulis selalu bkin saya galauuuu… Ngemeng2 ban baru tuh, pake ban ukuran brapa pak leo?
Sssttt masih ditulis artike soal ban nya..
Lihat aja sih Bro hehehe
kayaknya prefer yg carbon kalo gini, makasih banyak mas leo hehe
Seneng main di track ya.. Emang ajibb nih knalpot
Pingback: Bianka masuk Otomotifnet pertama kalinya | Leopold Sudaryono
liat foto bianka dan anak bungsu. pernah boncengin anak pake bianka mas? apa kendalanya? pengen minang z250, tapi kasihan juga kalo anak pengen bonceng tapi gak dituruti.
Kalau yg bungsu (4 th) jarang, paling saya dudukkan di depan dan jarak dekat.
Kalau yg sulung (11 th) sudah cukup sering.
Kendalanya? Motor sport itu ga enak utk gincengan baik bagi yg di depan maupun yg di blkg.
Mas Leo, yg mirip sama suara knalpot akra yg blue atau carbon yah?? itu yg di test dyno full spec atau slip on yah?
Dua2nya beda dg yg Akra Bro 🙂
Yg ditest Full System. Kalau hanya slip on, biasanya cuma dapat suara, tp performa ga setinggi itu
Bang Leo,,kalo di bogor Pro speed ada yang jual ga ya?siapa tau bang leo tau dimana tempatnya…saya minat beli,tapi kalo di jakarta kejauhan euy
Waduh yg tau posisi shopnya itu Bro Bie Hau. Coba telp dia Bro.
ok..tx bang loe
Pingback: Review Knalpot Prospeed Black Carbon – Ninja 250FI | 7Leopold7
pak itu knalpot Knalpot Prospeed – Blue versus Black Carbon yg ditest itu, keduanya slip on apa full system??. soalx ini rencana mau nabung dlu buat beli knalpot buat ninja saya ,.,.
Keduanya FS Bro
itu kenalpotnya masih pakai setingan ecu setandar pabrik?
meledak2 gak kalo dipakai harian?
(biru dan Carbon)
iya, hanya di reset ECU nya plus dicabut kabel aki.
Utk yg biru saya bisa bilang tidak nembak.
Utk yg carbon, kalau kita lepas gas lalu ditarik dia akan batuk.
Bukan nembak dor..
reset ecu tu kayak apa mas
Reviewnya mantap bos Leo.. Penasaran saya kan baru beli juga nih Prospeed Carbon, mutusin beli karena ada reviewnya dari bro Leo suara lbh ngebass. Nah ditulis diatas dari hasil review baik HP maupun Torsi lebih besar ketika terpasang DBkiller ya ? perbedaannya cukup signifikan juga saya lihat. Apa memang lebih besar atau ada alasan tertentu seperti hanya pada RPM tertentu saja lebih besarnya ? mohon penjelasannya.. Thx
dugaan saya karena dbkiller menambahkan tendangan balik yang lebih besar ke putaran mesin. torsi dan HP keluaran maksimalnya di rentang 8500-10000 Bro
Oh begitu.. 1 lg sama seperti pertanyaan org diatas saya. Itu harus reset ecu ya biar ga nembak? di setting lwt komp gitu lagi ? karena saya baru ke beres Motor*ave Bogor kena biaya 150 rb buat setting katanya ga nembak, dia sampe buka tangki terus ntah diapain. nembaknya memang berkurang jauh tapi ketika lepas gas di rpm menengah keatas kemudian di gas lagi akan nembak lagi. Ini namanya direset ecu bukan ya sama mekaniknya ? Apa perlu juga ditutup lubang AISnya lagi ? Terima kasih.
bie hau itu yang punya stanlee yah ?? terus bikin knalpot merek pro speed ?
om>>>ko prospeed sy msh tembak tembak ya,,,
-selang ais sdh di tutup
-perapatan sambungan pd knalpot sudah,,,
Jadi pngn ambil black carbon nih….. dripada yg blue modelnya gitu banget siiih….hhahahahha
Pingback: R25 versi produk masal yamaha tersunat 2 HP semoga bukan strategi licik | Smartfaiz
Pingback: R25 ganti knalpot pun hasilnya dynonya masih dibawah N250fi dengan knalpot semerk | Smartfaiz
Om,, itu review di otomotif net ko ga nembak ya.. Gw pake nembak nembak mulu😅
Marketing
jadi untuk yg black series, powernya lebih baik kalo DB killer nya dipasang ya om?
Bro leo ambil knalpot full system atau slip on?
Full bro
mas sya pengemar bloknya mas, sya punya problem di motor ninja 250fi sya, di saat latihan di sirkuit ,bru 5lap rem belakang sya selalu blong/ga fungsi,sdh sya servis ke dealer/bengkel hasilnya nihill…,mohon untuk di bahas di artikel berikutnya
Mnrt bengkel kenapa mas?
gan mau nanya dong..
klo utk yamaha R15 apa kah bisa menggunakan yg blue series..?
kalopun bisa kira2 apa yg perlu diakalin yah?
terima kasih mas